Isi Waktu Liburan, Berkemah dan Mandi di Air Terjun Irenggolo Kediri Berikut Cuplikanya

Beberapa remaja terlihat tampak berjalan hilir mudik mulai repot menempatkan perlengkapan tenda di tempat tempat wisata air terjun Irenggolo di Dusun Besuki Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Jawa Timur. Mereka tampak cemas terburu-buru, sebab hujan mulai turun deras serta kabut terlihat menyodok masuk turun di perbukitan.

Beberapa pelajar yang hadir ini, biasanya berasal di luar daerah diantaranya Jombang, Nganjuk, serta lokasi Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Arah kehadiran mereka ke tempat tempat wisata air terjun Irenggolo tidak lainnya berkemah untuk isi berlibur sekolah.

"Mereka yang berkemah di sini biasanya berstatus pelajar serta dari komune. Mereka menginap sangat lama cuma tiga malam," papar Karunia Hasbulah (59) petugas keamanan tempat wisata air terjun Irenggolo, Kamis, 27 Desember 2018.

Baca Juga : Kapal Pelni TIDAR

Wisata air terjun Irenggolo jadi salah satunya wisata favorite buat beberapa remaja penggemar alam untuk berkemah, menjauh sesaat dari hiruk pikuk kebisingan kota. Tempatnya yang teduh dikelilingi pohon-pohon sebab masuk dalam lokasi Perhutani membuat mereka makin kerasan terlalu lama di ruang tempat wisata.

"Jika musim berlibur seperti saat ini, pengunjung yang hadir dapat sampai 300 lebih. Umumnya mereka hadir kesini untuk berkemah. Sesaat pengunjung yang lain cuma hadir untuk berwisata nikmati pemandangan alam dan lihat air terjun saja, setelah itu mereka pulang," tuturnya.

Tidak hanya tawarkan pesona alam rimba serta air terjun, di wisata air terjun Irenggolo pun ada ajang bermain berbentuk flying fox serta kolam renang. Agar bisa coba permainan flying fox, pengunjung cuma cukuplah menyisihkan uang Rp 10 ribu.

Walau tempat jauh dari kota serta pusat keramaian, pengunjung tak perlu kuatir atau cemas untuk mencari makanan. Di seputar ruang tempat wisata banyak didapati beberapa warung yang jual makanan ataupun minuman ciri khas yang di jual oleh penduduk ditempat.

"Jika di sini banyak warung, pengunjung tak perlu kuatir. Makanan ciri khas di sini Nasi Krawu serta Nasi Goreng Tiwul harga nya Rp 10 ribu. Jika minumannya Kopi Wilis ada juga," katanya.

Jika telah hadir kesini, tidak afdol rasa-rasanya buat beberapa pengunjung untuk mandi sekaligus juga mainan air dibawah air terjun. Percikan air terjun yang melaju dari atas kebawah berasa fresh ditubuh. Butiran-butiran air tentang muka berasa sejuk serta nyaman di kepala.

Di seputar tempat banyak juga ditumbuhi tanaman kopi type arabika punya petani lokal binaan Bank Indonesia kantor perwakilan Kediri.

Tidak hanya air terjun Irenggolo, di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri pun ada tujuan wisata yang sama berbentuk air terjun. Tempat wisata air terjun Dolo ada diatas wisata air terjun Irenggolo.

Spesial pada musim berlibur sekolah Natal serta Tahun Baru, harga retribusi ticket masuk ke tempat tempat wisata Desa Besuki alami pergantian harga. Bila di hari biasa, ticket masuk dibanderol tarif Rp 5 ribu per orang, sekarang naik jadi Rp 7 ribu.

Artikel Terkait : Kapal Pelni Binaiya

Naiknya harga retribusi ticket masuk, tidak membawa efek dampak pada menyusutnya jumlahnya pengunjung, demikian sebaliknya jumlahnya wisatawan yang hadir justru makin bertambah terpenting pada peristiwa berlibur seperti saat ini.

Seperti didapati, akses jalan ke arah Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri naik dikelilingi perbukitan serta rimba. Selama jalan yang dilewati, jika berkendara sebaiknya lebih waspada, terpenting pada musim penghujan karena terdapatnya kabut.

Kecamatan Mojo terdapat di ujung samping barat daya ibu kota Kabupaten Kediri, dengan luas lokasi 103,29 km persegi. Ini adalah kecamatan terluas ke-2 sesudah Kecamatan Kepung yang terbagi dalam 20 desa.

Topografi yang berbukit-bukit membuat beberapa desa terdapat di dataran tinggi yang bersebelahan serta di lokasi rimba. Batas wilayahnya samping barat Gunung Wilis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmati Hari Libur dengan Wisata Mancing di Jambi Simak Ulasanya

Ternyata Kapal Tanker yang Karam di NTT Rusak Biota Laut

Karena Antisipasi Teror, Wisatawan Wajib Lewat Alat Deteksi di Candi Borobudur