Terkait Cegah Kecelakaan, Kemenhub akan Perbaiki Dermaga di 5 Pelabuhan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan lakukan pelajari serta perbaikan besar-besaran di beberapa dermaga di Indonesia berkaitan banyak moment kapal terbenam. Sekurang-kurangnya ada dermaga di lima daerah sebagai konsen Kemenhub.

" Lima tempat dermaga atau tempat penyeberangan sungai serta danau yang telah saya putuskan buat dilaksanakan pembenahan serta perbaikan keseluruhan, " kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Budi Setiyadi di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakpus, Kamis (16/8/2018) .

" Pertama, Palembang, di sungai Musi, Kalimatan Utara, terlebih penyeberangan hingga sampai ke lokasi Malaysia, Batam, Maluku Utara serta NTT, " susulnya jadwal pelni terbaru.

Budi menjelaskan perbaikan itu meliput semua faktor dari mulai sdm (SDM) , tempat prasarana, perabotan keselamatan sampai budaya. Antara lainnya ada membereskan budaya atau skema fikir baik dari operato kapal atau orang.

" Sangat terpenting ialah budaya. Baik operator serta orang yang memakai kapal mesti terjaga serta menyuport keselamatan pelayaran. SDM-nya kita akan lalukan kursus serta kita kan kerjakan edukasi, " tutur Budi.
Baca Juga:

Tidak cuma itu, kelengkapan keselamatan tidak juga kalah terpenting. Ia mengharap kelengkapan keselamatan mesti dipenuhi di tiap-tiap kapal di dermaga atau tempat penyeberangan.

" Perabotan keselamatan ini begitu penting sekali pada kapal, life jacket, liferaft, " imbuhnya.

Budi menyampaikan perbaikan dermaga di lima tempat itu akan lekas dilaksanakan tahun depannya. Ia mengharap selanjutnya perbaikan akan dilaksanakan di beberapa dermaga di tempat berbeda.

" Ini akan berjalan. Kita telah susun road map-nya. Tahun depannya perbaikan itu cukuplah banyak yang kita laksanakan. Angan-angan kita ialah ini akan memjdi seperti contoh buat beberapa lokasi berbeda, tidak hanya yang di Danau Toba pun konsisten akan tambahkan kembali kita akan memelihara sampai prima, " katanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmati Hari Libur dengan Wisata Mancing di Jambi Simak Ulasanya

Ternyata Kapal Tanker yang Karam di NTT Rusak Biota Laut

Karena Antisipasi Teror, Wisatawan Wajib Lewat Alat Deteksi di Candi Borobudur