Tahukah Anda Jika KBRI Buenos Aires Pulangkan WNI Korban Kapal Tenggelam di Atlantik

KBRI Buenos Aires memulangkan 7 WNI sebagai korban selamat tenggelamnya kapal ikan FV Dorneda. Beberapa WNI yang profesinya menjadi ABK di kapal itu akan diserahkan oleh Kementerian Luar Negeri terhadap BNP2TKI serta agen pengiriman buat dipulangkan ke daerah semasing.

Ke-7 WNI itu datang pada Sabtu, (28/7/2018) dengan penerbangan dari Amsterdam. Awal mulanya, telah ada 1 WNI yang terlebih dulu dipulangkan pada 19 Juli 2018 saat kemarin.

Kapal FV Dorneda sendiri adalah kapal ikan berbendera jadwal pelni 2019 Spanyol yang terbenam di Samudera Atlantik pada 10 Juli 2018 saat kemarin. Kapal itu diawaki oleh 27 ABK serta 8 salah satunya yaitu WNI.

Penyelamatan kapal terbenam itu dilaksanakan oleh Pusat Koordinir Penyelamatan Maritim Argentina (MRSC) , Angkatan Laut Argentina. Dari operasi itu, 25 ABK termasuk juga 8 WNI sukses diselamatkan.
Read More:

Kapal penyelamat sendiri mengevakuasi beberapa ABK itu ke dua tempat berlainan. Ada yang ke Argentina, ada juga yang ke Montevideo, Uruguay termasuk juga 7 WNI.

Tahu ada 7 WNI yang dibawa ke Montevideo, Duta Besar RI buat Argentina yang merangkap Uruguay, Niniek Kun Naryatie menyuruh Konsul Kehormatan RI buat Uruguay, Nocolas Potrie, buat mengatasi mereka.

" 7 ABK datang di pelabuhan Montevideo pada 15 Juli 2018. Saya puas lihat mereka selamat, " kata Nicolas Potrie.

Niniek berbarengan Team KBRI Buenos Aires selanjutnya menyusul ke Montevideo. Tidak cuman menegaskan ke-7 WNI diatasi dengan baik, kehadiran Team KBRI Buenos Aires ikut dalam rencana menegaskan hak-hak ke-7 WNI dipenuhi dengan agen kapal di Montevideo.

" Ke-7 WNI alhamdulillah dalam situasi sehat. Sehabis lewat negosiasi, pada akhirnya kami juga dapat berusaha kompensasi dari agen kapal dalam besaran yang cukup, tidak cuman penghasilan yang tersisa serta ticket pemulangan. Keselamatan serta hak mereka jadi perhatian penting kami, " papar Ninek.

Ke-7 WNI itu yaitu Wawan Setiawan asal Pemalang, Yusuf Irfanto asal Pemalang, Sultoni asal Pemalang, Dian Hariman asal Brebes, Mufarikhun asal Pekalongan, Nanang Hidayatulloh asal Tegal, serta Washadi asal Brebes. Sesaat seseorang WNI asal Pemalang, Masrudin Sudarmanto yang selamat dibawa oleh kapal berlainan ke pelabuhan Mar Del Plata, Argentina.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmati Hari Libur dengan Wisata Mancing di Jambi Simak Ulasanya

Ternyata Kapal Tanker yang Karam di NTT Rusak Biota Laut

Karena Antisipasi Teror, Wisatawan Wajib Lewat Alat Deteksi di Candi Borobudur