Wow Imlek Masih 3 Minggu Lagi, Kamar Hotel di Singkawang Nyaris Penuh

Tingkat pemesanan kamar hotel di Kota Singkawang, sekarang ini telah sampai 80 %. Walau sebenarnya, perayaan Imlek serta Cap Go Meh di kota ditempat masih tetap tersisa tiga minggu kembali.

Kepala Bagian Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda serta Berolahraga Kota Singkawang, Supardiyana menjelaskan, dari 37 buah hotel yang berada di Kota Singkawang, sekarang ini pemesanan kamar telah sampai 80 % atau mendekati penuh.

"Sesaat kamar yang masih tetap tersisa yaitu Hotel Teman dekat Baru, Hotel Singkawang, Hotel Palapa serta Hotel Bajau Beach," kata Supardiyana, Rabu (16/1/2019), dikutip Pada.

Menurut dia, ini masih tetap adalah data sesaat yang masuk ke Disparpora Singkawang, mengingat perayaan Imlek serta Cap Go Meh masih tetap tersisa tiga minggu kembali.

"Diperkirakan, mendekati perayaan itu, semua hotel yang berada di Kota Singkawang tidak akan dapat menyimpan lonjakan pengunjung yang ingin bermalam," katanya.

Jadi itu, ia menyarankan pada penduduk Kota Singkawang, terutamanya yang miliki rumah serta masih tetap mempunyai kamar yang kosong dapat di jual untuk jadikan homestay. "Tentang tarif yang diresmikan sebaiknya sesuai dengan kondisi sarana yang ada," pintanya.

Untuk menghadapi lonjakan pengunjung di Kota Singkawang, pihaknya sekarang ini tengah mendata rumah-rumah kos ataupun masyarakat yang ingin jadikan homestay. "Jadi pendataan tengah berjalan," tuturnya.

Dengan terpisah, Ketua PHRI Kota Singkawang, Mulyadi Qamal membetulkan, sekarang ini pemesanan kamar hotel telah sampai 80 %. "Umumnya yang pesan dari travel," tuturnya.

Untuk tarif, ia menyarankan supaya pengelola hotel tidak meningkatkan semaunya sampai melewati 100 %. "Upayakan optimal 100 %," katanya.

Selain itu, beberapa pengelola hotel yang berada di Kota Singkawang mengakui pemesanan kamar sudah ada hampir penuh mendekati perayaan Imlek serta Cap Go Meh. GM Hotel Roban Inn Singkawang, Akiat menjelaskan, sekarang ini beberapa kamarnya dari 30 kamar telah dipesan oleh pengunjung.

"Telah setengahnya dipesan," tuturnya.

Akan tetapi untuk tarif pada perayaan itu, ada kenaikan dari hari umumnya. "Kenaikan dapat 2x lipat dari hari biasa," katanya.

Perihal seirama pun diutarakan GM Hotel Mandarin Kota Singkawang, Erik. Ia menjelaskan, sekitar 50 kamar yang dimilikinya sekarang ini telah dipesan semua oleh pengunjung semenjak Agustus 2018.

"Sekarang ini telah full, pemesannya dari travel serta pengacara dari Surabaya," tuturnya. Untuk tarif, pihaknya mengaplikasikan harga paket, dari mulai Rp 1 juta-an sampai Rp 2 juta-an untuk dua malam.
Read more:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmati Hari Libur dengan Wisata Mancing di Jambi Simak Ulasanya

Ternyata Kapal Tanker yang Karam di NTT Rusak Biota Laut

Karena Antisipasi Teror, Wisatawan Wajib Lewat Alat Deteksi di Candi Borobudur